Suara Hati

Selasa, 27 Juli 2010

Bersih Itu Indah, Sehat Itu Nikmat


  • BAHAYA GIGI BERLUBANG
Gigi berlubang dan gusi berdarah tidak boleh dianggap sepele. Penyakit yang tampaknya kecil ini bisa berakibat fatal

Banyak yang beranggapan, masalah pada gigi adalah hal sepele. padahal, sangat menggangu kinerja sehari-hari. Bila terjadi gangguan dan gigi memerlukan perawatan, biayanya lumayan mahal. Sakit gigi juga dapat menyebabkan komplikasi, seperti gangguan jantung, stroke, atau memicu terjadinya kelahiran prematur.

Sebagai port entry ( jalan masuk ) makaan dan minuman ke dalam tubuh, mulut harus sehat. Salah satu komponen penting dalam mulut, adalah gigi. Jika satu gigi tanggal, maka tuju gigi lain disekitarnya dalam keadaan bahaya. Tak lain karena rongga akibat gigi yang tanggal, akan membuat posisi gigi yang lain menjadi tidak stabil dan goyang. Sangat disayangkan jika gigi sampai rusak atau tanggal, akibat kelalian dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. Gigi berlubang dan penyakit periodontal, merupakan penyakit gigi dan mulut yang paling sering terjadi.

  • Karies Gigi
Gigi berlubang ( karies ) merupakan penyakit kronis yang paling sering di keluhkan di masyrakat. Penyakit ini menduduki peringkat tertinggi dari penyakit gigi dan mulut di Indonesia. Menurut Riskesdas ( Riset Kesehatan Dasar ) tahun 2007, sekitar 72,1 % penduduk indonesia memiliki pengalaman gigi berlubang; 46,5 % diantaranya adalah karies aktif yang belum dirawat. Gangguan ini dialami oleh semua usia: anak-anak, dewasa, sampai orang tua. sekitar 80% anak mengalami gigi berlubang. Di Amerika Serikat, gigi berlubang merupakan penyakit anak kronik yang paling umum. Angka kejadiannya sampai 5x lipat dibandingkan asma.

Menurut Dr. Tri Erri Astoeti, drg. Mkes dari FKG Trisakti, Jakarta, Lubang pada gigi disebabkan oleh asam yang berasal dari proses metabolisme gula atau tepung, oleh bakteri yang berada di dalam mulut. " Bakteri yang paling jagoan, Namanya Streptococcus mutan, "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Motivasi dan pembelajaran kami..
tolong isi komentar ya..terimakasih..